Sunday 20 December 2015

Tips supaya liburan nyaman uang tetap aman

Seputar uang


Aktivitas paling menyenangkan bagi semua orang apalagi jika bukan liburan. rutinitas pekerjaan sehari-hari, berbagai beban hidup seolah hilang sesaat ketika liburan. liburan juga bermanfaat untuk mengembalikan semangat seseorang supaya ketika kembali dalam pekerjaannnya akan lebih produktif. Selain itu, liburan juga bisa mempererat hubungan seseorang. dengan aktivitas yang dilakukan bersama keluarga, pasangan atau kerabat akan terjalin sisi emosional yang lebih erat. waktu rasanya berlalu begitu cepat ketika liburan. saking menikmatinya biasanya orang terlena ketika kembali bekerja dan sudah merencanakan liburan berikutnya. supaya mendapatkan liburan yang berkualitas, beberapa tips seputar uang ini mungkin bisa membantu.

  • Gunakan hasil investasi atau uang bonus
Seringkali orang menabung dalam jangka waktu lama hingga bertahun-tahun demi bisa berlibur ke tempat impian. bahkan sampai menjual asetnya. tentunya sah-sah saja dilakukan, biar bagaimanapun itu uang dia pribadi. tapi alangkah bijaknya jika seseorang memiliki tujuan berlibur yang mahal mulai berinvestasi sejak dini. jangka waktu yang panjang memungkinkan investasi memberikan hasil cukup untuk memuaskan hasrat liburan kelak.perlu diketahui bahwa liburan sifatnya menghabiskan uang dan efeknya lbh ke kepribadian seseorang, nah jika liburan membuat orang kehabisan uang bahkan sampai menjual aset ini termasuk liburan tidak sehat secara finansial. memang benar mungkin dengan liburan orang tsb menjadi lebih semangat bekerja sehingga bisa menabung lagi. tapi ingat liburan haruslah membuat kita sehat secara jiwa, raga dan materi. bagi kalangan profesional mereka bisa memakai uang bonus bulanan atau tahunan  yang khusus dialokasikan untuk berlibur. Bagi mereka yang  berpenghasilan tetap tanpa bonus investasikan sebagian penghasilan khusus untuk keperluan liburan.

  •  Jika tidak memiliki investasi rencanakan liburan sejak awal

Merencanakan liburan jauh-jauh hari akan lebih menghemat pengeluaran.  Resiko Gejolak ekonomi, perubahan kurs mata uang,  politik, inflasi bisa dikurangi dengan perencanaan lebih awal. memesan tiket pesawat jauh lebih awal biasanya lebih murah daripada menjelang keberangkatan begitu juga dengan hotel  biasanya diwaktu-waktu tertentu seperti musim liburan atau hari raya tingkat hunian hotel mencapai puncaknya.   Ditengah kemajuan teknologi saat ini pemesanan hotel dan tiket pesawat  bisa dilakukan secara online seperti  pegipegi, yang akan memudahkan liburan.

  •  Hindari liburan dengan mnggunakan cicilan

Liburan merupakan aktivitas konsumtif yang tidak menghasilkan aset riil. Berbeda seperti membeli laptop, motor, mobil dll meskipun melalui kredit tetapi aset riilnya masih bernilai yang ada hanyalah penyusutan barang.  Kalau berlibur sama sekali tidak ada nilai aset. Saat ini banyak sekali kemudahan melalui kartu kredit , yang jika tidak berhati-hati sangat menggoda keinginan berbelanja. Apalagi di tempat wisata yang memfasilitasi penggunaan kartu kredit, naluri belanja dengan alasan membeli oleh-oleh untuk keluarga pun terkesan logis.  Selain kartu kredit  saat ini juga banyak penawaran KTA atau kredit tanpa agunan dengan plafond besar cukup untuk biaya liburan. Sebisa mungkin hindarilah memakai kredit untuk liburan. Jangan sampai ketika pulang justru seseorang terjerat tagihan besar . dibebani oleh macam-macam cicilan alih-alih lebih fresh yang ada malah stess.

  •  Pesan tiket promo

Tiket promo biasanya lebih terjangkau.  Seperti tiket pesawat, ditengah persaingan bisnis penerbangan banyak maskapai kelas ekonomi berlomba-lomba memberikan tiket promo. Ini bisa menjadi  alternatif untuk menghemat biaya perjalanan. Selain itu juga tempat-tempat wisata tertentu memberikan diskon untuk pengunjung  rombongan atau keluarga besar. Nego diskon seperti biasanya dilakukan khusus jauh-jauh hari.

  • Membeli paket wisata

Alternatif berikutnya adalah membeli paket wisata.  Biasanya agen-agen perjalanan menawarkan paket wisata dengan harga terjangkau.  Liburan dengan paket wisata memudahkan wisatawan menikmati liburan. Semua kebutuhan hingga akomodasi sudah disiapkan oleh agen perjalanan dari tiket pesawat, hotel hingga konsumsi.  Wisatawan tinggal duduk manis dan berkunjung ke tempat-tempat wisata yang telah ditentukan.  Sifatnya yang masal, dihitung-hitung berlibur dengan paket wisata lebih hemat apalagi pemesanan dilakukan jauh diawal. 

Demikianlah beberapa tips liburan terkait dengan uang. Supaya liburan kita menyenangkan dan kembali bekerja lebih produktif tanpa beban. Semoga bermanfaat. kembali

Baca juga :  Seni mengelola uang dengan reksadana

No comments:

Post a Comment